Resep Membuat Pizza Simple

Resep membuat pizza 

Yang harus disiapkan untuk membuat pizza adalah adonan kulit pizza / pizza crust, saus untuk topping pizza dan juga bahan tambahan untuk taburan toppingnya yang bisa disesuaikan dengan selera atau stok yang ada di rumah.

I. Resep membuat pizza crust 

  • Bahan :  

– 6 gram ragi instant

– 200 ml air hangat

– 1 sdt gula pasir

– 350 gram tepung terigu protein tinggi

– 2 sdm minyak zaitun / minyak sayur

– 1/4  sdt garam

– 2 sdm butter / margarine

 

  • Cara membuat :
  1. Campurkan ragi instant dan gula pasir dalam air hangat, aduk hingga larut kemudian diamkan selama 10 menit hingga berbuih.
  2. Siapkan wadah, masukkan tepung terigu dan garam, aduk rata. Tambahkan larutan ragi tai, aduk rata.
  3. Masukkan minyak lalu uleni adonan hingga kalis.
  4. Tambahkan margarine dan uleni kembali adonan hingga elastis.
  5. Bulatkan adonan crust pizza lalu letakkan dalam wadah yang sudah dioles dengan minyak. Tutup wadah dengan kain serbet atau plastik wrapping dan diamkan adonan selama kurang lebih 1 jam.
Catatan :  Resep ini cukup untuk 2 loyang pizza ukuran diameter 24-25 cm. Adonan crust pizza ini juga dapat disimpan dalam freezer dan dapat disimpan sekitar 3 hari ( berdasar pengalaman, belum pernah coba lebih dari itu karena sudah keburu dipakai untuk bikin pizza ^_^ ).  Caranya, setelah adonan selesai diuleni , bagi 2 adonan dengan berat yang sama kemudian masukkan masing-masing bagian dalam plastik, keluarkan udaranya lalu ikat plastiknya dan masukkan dalam kotak , tutup rapat. Segera masukkan dalam freezer. Saat akan dipakai, keluarkan plastik yang berisi dough pizza, buka plastiknya dan biarkan adonan di suhu ruang hingga adonan lentur kembali dan siap untuk diolah menjadi pizza.

II. Resep membuat saus untuk topping

  • Bahan :

– 150 gram daging ayam giling / daging giling

– 1 buah bawang bombay , cincang

– 2-3 bawang putih, cincang

– 2 buah tomat, potong kecil – kecil

– 5 sdm saus tomat

– 1 sdm saus sambal

– 1/2 sdm saus tiram

– 1/2 sdt oregano

– lada bubuk, garam dan gula

  • Cara membuat :

1. Tumis bawang bombay dan bawang putih dengan minyak goreng hingga harum.

2. Masukkan daging ayam giling, aduk sampai berubah warna kemudian tambahkan tomat dan masak hingga tomat layu.

3. Tambahkan saus tomat, saus sambal, saus tiram dan 1/2 gelas air, aduk merata. Masukkan oregano, lada, garam dan gula dan masak hingga saus terlihat mengental, matikan api.

Catatan :   Resep ini cukup untuk 2 loyang pizza ukuran diameter 24-25 cm. Jika tidak langsung  terpakai semua, bisa disimpan dalam kulkas. Sebelumnya terlebih dahulu masukkan dalam kotak dan tutup rapat.

III. Resep membuat pizza 

  1. Bahan :
    * dough / adonan pizza
    * saus topping pizza
    * keju mozarella / keju cepat leleh
    * sosis , potong sesuai selera
    * bawang bombay yang diiris
    * paprika hijau / cabe hijau besar, buang bijinya lalu potong-potong

  • Cara membuat :
  1. siapkan loyang pizza yang sudah diolesi tipis dengan margarine letakkan dough pizza pada loyang, tipiskan dengan jari tangan mengikuti Bentuk loyang , Beri saus topping pizza, ratakan ,
  2. susun keju leleh, potongan sosis, irisan bawang bombay dan paprika, bisa tambah keju kalau suka
  3. Diamkan selama kurleb 10 menit kemudian masukkan oven yang sebelumnya sudah dipanaskan. oven selama sekitar 15menit pada suhu 200 Celsius ( tergatung oven masing-masing yach )
    sajikan pizza dengan saus sambal atau mayonaise sesuai selera
Catatan :   Untuk topping pizza tidak baku seperti resep, kita dapat sesuaikan dengan selera atau bahan yang tersedia di rumah. Bisa gunakan jagung, jamur bahkan sayuran seperti brokoli, bayam atau terung.

 

Untuk lebih jelasnya dapat dilihat di bawah ini.



macam variasi menul kalis cepat agar model tidak kapas seperti praktis panggang kreasi tape mangkok membakar hut mesin usaha contoh terbaru mengoven kasur tutorial membungkus loaf loyang asli bluder cake jualan terigu memasak instan cemilan super berbahan bakar masak simpel pakai donut resepi mentega ko sangjin rasa mengaduk buku diganti bisa evaporated diulen bulat makanan bun kukus mengatasi jepang soft sendiri biasa langkah fermipan harga lezat maker menggunakan gembung caterpillar sari tipis rica duty heavy call happy peralatan mengkreasikan dingin setelah keras bantal cair proses menghias boleh apa spesial membikin combro pemula risoles pengertian

 


Komentar

Postingan populer dari blog ini

Resep membuat saus bubur ketan hitam

Cara Membuat Lepat Pisang Kukus

Resep Memasak Gulai Kalio Telur